Penulis Utama : Risma Fembriyanti
NIM / NIP : S831308039
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-learning IPA berbasis SETS dengan tema Gunung Merapi dan Gempa Bumi; 2) mengetahui kelayakan e-learning IPA berbasis SETS dengan tema Gunung Merapi dan Gempa Bumi.
Penelitian pengembangan e-learning IPA terpadu berbasis SETS ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi sampai pada tahap kelima yaitu: 1) Penelitian pendahuluan (prasurvai) untuk mengumpulkan  informasi  (kajian  pustaka,  pengamatan  kelas/sekolah), identifikasi permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran, dan merangkum permasalahan. 2) Melakukan perencanaan (identifikasi dan definisi keterampilan, perumusan   tujuan,   penentuan   urutan   pembelajaran).   3)   Mengembangan rancangan   awal   produk   (draft)   meliputi   penyiapan   materi   pembelajaran, penyiapan buku pegangan, dan perangkat pembelajaran/evaluasi. 4) Uji coba lapangan awal berupa uji validasi ahli atau expert judgement. 5) Revisi produk tahap pertama berdasarkan masukan dan saran-saran dari hasil uji coba lapangan awal.  Analisis  data  yang  digunakan  pada  penelitian  pengembangan  adalah analisis deskriptif kualitatif untuk data pendapat dan saran serta deskriptif kuantitatif (persentase) untuk analisis skor penilaian dari masing-masing ahli.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) e-learning IPA terpadu berbasis SETS dengan tema gunung berapi dan gempa bumi telah berhasil dikembangkan dengan  karakteristik  e-learning  yang  interaktif;  2)  e-learning  IPA  terpadu berbasis  SETS  dengan  tema  gunung  berapi  dan  gempa  bumi  masuk  dalam kategori sangat baik ditinjau dari kelayakan materi, RPP, kisi-kisi soal, dan media dengan rata-rata persentase penilaian 88.34 %.

Kata kunci: pengembangan e-learning, IPA Terpadu, pendekatan SETS, gunung berapi, gempa bumi

×
Penulis Utama : Risma Fembriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831308039
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan e-learning IPA terpadu berbasis science environment technology and society pada tema gunung berapi dan gempa bumi untuk siswa SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains-S831308039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si Prof.
2. Dra. Hj. Suparmi, M.A., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.