Penulis Utama : Aprilia Fajar Kartikasari
NIM / NIP : F3314018
×

ABSTRAK

EVALUASI PROSEDUR DAN PERLAKUAN AKUNTANSI UNTUK PEMASANGAN SAMBUNGAN BARU JASA PDAM SECARA KREDIT DI KOTA SURAKARTA

Aprilia Fajar Kartikasari, F3314018

Perusahaan   Daerah   Air   Minum   (PDAM)   Kota   Surakarta   adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan air bersih sekaligus menangani pemasangan sambungan air dengan kebijakan pembayaran secara kredit. Semakin bertambahnya jumlah pelanggan PDAM, piutang non-air dari pemasangan sambungan baru otomatis akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi prosedur pemasangan sambungan baru beserta perlakuan akuntansinya, mengingat piutang yang tidak dapat tertagih sangat mungkin terjadi sehingga   diperlukan   sebuah   prosedur   untuk   menghindari   penyalahgunaan terhadap penerimaan kas dari uang muka dan semakin banyaknya jumlah piutang yang tak tertagih PDAM Kota Surakarta.

Dalam mengevaluasi prosedur pemasangan sambungan baru secara kredit pada PDAM Kota Surakarta, penulis melakukan penelitian dengan observasi dan wawancara   kemudian   membandingkannya   dengan   teori   mengenai   sistem penjualan kredit yang ada. Hasil dari penelitian tersebut adalah adanya pemisahan wewenang dan tanggung jawab pada tiap-tiap bagian dan pencatatan akuntansinya sudah sesuai dengan SAK ETAP PDAM Kota Surakarta. Namun, masih terdapat beberapa kelemahan seperti adanya keluhan pelanggan mengenai lamanya waktu pemasangan sambungan baru dan belum ada perputaran jabatan secara rutin.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah prosedur penjualan kredit dari jasa pemasangan sambungan air minum sudah diterapkan PDAM Kota Surakarta dengan cukup baik, akan tetapi penulis menyarankan untuk melakukan konfirmasi dengan pelanggan sesegera mungkin untuk mencegah keluhan pelanggan dan melakukan perputaran jabatan secara rutin.

Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Sistem dan Prosedur Penjualan Kredit, dan Perlakuan Akuntansi<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif";} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Aprilia Fajar Kartikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314018
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Prosedur Dan Perlakuan Akuntansi Untuk Pemasangan Sambungan Baru Jasa Pdam Secara Kredit Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.DIII Akuntansi-F3314018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Permatasari Husa, S.E., M.Buss
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.