Penulis Utama : Felicia Silvi
NIM / NIP : K3515022
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya (1) perbedaan pengaruh project-based blended learning terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif pada mata pelajaran dasar desain grafis (2) adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik jurusan Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta. Sampel yang dipilih adalah kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data di penelitian adalah tes hasil belajar, yaitu pretest dan posttest yang berupa soal pilihan ganda yang diberikan pada kedua kelas penelitian. Pretest digunakan untuk mengukur kemampuan awal peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk mengukur hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada perbedaan pengaruh penggunaan metode Project-Based Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik aspek kognitif, hasilnya diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan uji t yang hasilnya sebesar 4,340 sedangkan sebesar 1,671.
Kata kunci: Blended Learning, Project-Based Learning, Hasil Belajar

 

×
Penulis Utama : Felicia Silvi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515022
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh project-based blended learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia SMK negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran dasar desain grafis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3515022-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd.,
2. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.