Penulis Utama : Figken Atur Pramyastuti
NIM / NIP : K7412077
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran prinsip-prinsip bisnis kelas X Pemasaran SMK Batik I Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru mata pelajaran prinsip-prinsip bisnis. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Pemasaran SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data penelitain adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dalam strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan  hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Peningkatan aktivitas peserta didik terlihat pada siklus I dari segi mental activities meningkat (presentase pra siklus 0% , siklus I 78%, dan siklus II 92%), aktivitas peserta didik dari segi oral activities ( presentase pra siklus 0%, siklus I 79% dan siklus II 88%), aktivitas peserta didik dari segi visual activities (presentase pra siklus 14%, siklus I 80%, dan siklus II 95%), aktivitas peserta didik dari segi listening activities (presentase pra tindakan 14%, siklus I 81% dan siklus II 94%), aktivitas peserta didik dari segi writing activities (presentase pra tindakan 8%, siklus I 85%, siklus II 93%). Hasil belajar peserta didik meningkat pada rata-rata nilai pra siklus  76,7 dengan  presentase ketuntasan 41,2%, siklus I  rata-rata nilai 80,0 dengan presentase ketuntasan 70,6%,  siklus II  nilai rata-rata 85,0 dengan presentase ketuntasan 88,2%.
Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering), Aktivitas belajar dan Hasil Belajar.

 

×
Penulis Utama : Figken Atur Pramyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412077
Tahun : 2019
Judul : Penerapan strategi react dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar prinsip- prinsip bisnis (penelitian tindakan kelas dilakukan pada kelas X Pemasaran mata pelajaran bisnis di SMK Batik I Surakarta tahun pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K7412077-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd
2. Jonet Ariyanto SE., MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.