Penulis Utama : Istiqomatuttaqiyyah
NIM / NIP : K1215029
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penokohan dalam novel Tjap karya Yuditeha; (2) perjuangan tokoh perempuan dalam novel Tjap karya Yuditeha; (3) aliran feminisme yang terkandung dalam novel Tjap karya Yuditeha; dan (4) relevansi perjuangan tokoh perempuan dalam novel Tjap karya Yuditeha dengan pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan feminisme sastra. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis mengalir (flow model of analysis) yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Novel Tjap karya Yuditeha memiliki tokoh utama yaitu Pertiwi I, kemudian tokoh pendukung Ibu (Soekini), Bapak (Seowierjo), Pertiwi II, Pak Kasim, Ibu Lasmini, Pak Sudirjo, dan Sudrajat. Penggambaran watak tokoh dalam novel Tjap lebih banyak menggunakan dimensi psikologis. Penggambaran fisiologis dan sosiologis dimunculkan secara tersirat dalam narasi atau percakapan antar tokoh. Masing-masing tokoh memiliki perwatakan yang beragam. (2) Novel Tjap karya Yuditeha mengisahkan perjuangan yang dilakukan para tokoh perempuan. Perjuangan yang dilakukan perempuan dalam novel Tjap meliputi: (a) seorang janda membesarkan anaknya sendirian; (b) Pertiwi berjuang untuk bisa melanjutkan pendidikan; (c) menjaga keteguhan dirinya agar tidak goyah dalam mencapai tujuan yang diinginkkan; (d) perempuan berjuang untuk membuktikan bahwa perempuan juga mampu membela diri layaknya laki-laki; dan (e) rela mengorbankan nyawa demi apa yang diperjuangkan.  (3) Aliran feminisme yang terdapat dalam novel lebih mengarah pada feminisme sosialis. (4) Novel Tjap relevan dengan pembelajaran sastra di SMA dibuktikan dengan hasil wawancara guru dan analisis dokumen berupa RPP.
Kata kunci : novel Tjap, feminisme sosialis, perjuangan tokoh perempuan.

 

×
Penulis Utama : Istiqomatuttaqiyyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215029
Tahun : 2019
Judul : Kajian Feminisme Novel Tjap Karya Yuditeha dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215021-2019
Kata Kunci : novel Tjap, feminisme sosialis, perjuangan tokoh perempuan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.,
2. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.