Penulis Utama : Mey Tias Andry Pamungkas
NIM / NIP : K3515036
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunakan mastery-based blended learning dan pembelajaran konvensional terhadap kemandirian dan kreativitas peserta didik, serta mengetahui peningkatan kemandirian dan kreativitas peserta didik dengan menggunakan model mastery-based blended learning pada mata pelajaran dasar desain grafis.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif metode quasi experimental research. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X jurusan TKJ SMK N 1 Sawit Boyolali dengan pengumpulan data menggunakan angket dan penilaian menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mastery-based blended learning mempunyai pengaruh terhadap kemandirian dan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran dasar desain grafis. Selain itu, mastery-based blended learning dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas peserta didik karena masing-masing menghasilkan nilai signifikansi 0,000. Penelitian ini membuktikan bahwa mastery-based blended learning dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas peserta didik.
Kata kunci : blended learning, mastery learning, kreativitas, kemandirian

 

×
Penulis Utama : Mey Tias Andry Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515036
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh mastery-based blended learning terhadap kemandirian dan kreativitas siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis Kelas Xj TKJ SMK N 1 Sawit Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3515036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd.,
2. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.