Penulis Utama : Wisang Yanu Ardani
NIM / NIP : K7412188
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) Pengaruh kelengkapan sarana prasarana terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kearsipan program studi pendidikan administrasi perkantoran; (2) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai metode pembelajaran dosen terhadap hasil belajar mahasiswa dimata kuliah kearsiapan program studi pendidikan administrasi perkantoran; dan (3) pengaruh kelengkapan sarana prasarana dan persepsi mahasiswa mengenai metode pembelajaran dosen secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata kuliah kearsipan program studi pendidikan administrasi perkantoran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 program studi pendidikan administrasi perkantoran kelas A dan B yang sudah menempuh mata kuliah kearsipan dengan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data sarana prasaran serta metode belajar sedangkan untuk hasil belajar menggunakan data hasil ujian tengah semester (UTS) dari dosen pengajar mata kuliah kearsipan. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas statistic Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikansi 0,05 dilanjutkan dengan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar pada mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran (r hitung 0,468 > r tabel 0,254). (2) ada pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa mengenai metode pembelajaran dosen terhadap hasil belajar (r hitung 0,458 > r tabel 0,254). (3) ada pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana dan persepsi mahasiswa mengenai metode pembelajaran dosen secara bersama-sama terhadap hasil belajar (harga F hitung17,746 > harga F tabel 3,17). Berdasarkan hasil penelitian nilai R2 = 0,384. Hal ini menunjukkan bahwa sarana prasarana dan metode pembelajaran secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar sebesar 38,4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci : Sarana Prasarana, Metode Belajar, Hasil Belajar

 

×
Penulis Utama : Wisang Yanu Ardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412188
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh kelengkapan sarana prasarana belajar dan metode pembelajaran dosen terhadap hasil belajar mahasiswa semester 6 dalam mata kuliah kearsipan program studi pendidikan administrasi perkantoran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7412188-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Patni Ninghardjanti, M.Pd,
2. Subroto Rapih, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.