Penulis Utama : Lulu Prie Anjani
NIM / NIP : K3115030
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan strategi coping untuk membantu peserta didik SMK yang mengalami ketidaksesuaian pengambilan keputusan karier. Buku panduan ini dibuat guna memudahkan guru BK dalam pemberian layanan konseling kelompok untuk membantu peserta didik. Panduan ini terdiri dari dua bagian yaitu buku Panduan Bagi Guru BK dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi konsep  Penelitian dan Pengembangan Plomp dan Nieveen yang disebut model penelitian educational design research. Penelitan pengembangan model Plomp ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu 1) Preliminary Research; 2) Prototyping Stage; dan 3) Assesment Phase. Subjek uji ahli adalah dua ahli Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kelayakan produk dengan menggunakan lembar penilaian uji ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam tahap ini yaitu menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik kualitatif dilaksanakan dengan cara menggabungkan masukan dan saran dari ahli yang dipilih peneliti, lalu digunakan sebagai dasar perbaikan produk. Sedangkan teknik kuantitatif menggunakan metode inter-rater agreement model yang bertujuan untuk mengetahui tingkat reabilitas panduan menurut dua ahli.
Hasil dari uji kelayakan produk yang dikembangkan mendapat penilaian ahli sebesar 1,00 (sangat kuat) yang artinya produk ini sudah layak untuk digunakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Simpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan informasi sudah memenuhi kriteria kelayakan produk berdasarkan uji ahli yang sudah dilakukan.

Kata Kunci: strategi coping, konseling REBT, karier.

 

×
Penulis Utama : Lulu Prie Anjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115030
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan panduan pelaksanaan strategi coping untuk peserta didik yang mengalami ketidaksesuaian pengambilan keputusan karier
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Bimbingan dan Konseling-K3115030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.,
2. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.