Penulis Utama : Nur Afifah Hilmy
NIM / NIP : K3115040
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan Teknik Self-Regulated Learning untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Ajaran 2018/2019.
Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan jenis Prettest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Desain ini membagi subjek penelitian menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing beranggotakan 5 peserta didik. Subjek penelitian berupa peserta didik yang memiliki kejenuhan belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket kejenuhan belajar. Analisis data menggunakan aplikasi pengolah data statistik, yaitu SPSS 17 dengan teknik analisis uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah pemberian perlakuan berupa teknik Self-Regulated Learning. Hasil analisis yang didapat dari data posttest kemudian diolah menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan skor signifikansi sebesar 0,036 (<0>Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik Self-Regulated Learning dapat digunakan untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Kejenuhan belajar, Teknik Self-Regulated Learning, Peserta didik SMA

 

×
Penulis Utama : Nur Afifah Hilmy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115040
Tahun : 2019
Judul : Teknik self-regulated learning untuk mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Bimbingan dan Konseling-K3115040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ulya Makhmudah, M. Pd.,
2. Agus Tri Susilo, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.