Penulis Utama : Rizky Luthfi Fakhrizal
NIM / NIP : K3214049
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pelatihan karyawan pada home industry Prima Batik Yogyakarta (2) Visualisasi karya kerajinan batik kayu pada home industry Prima Batik Yogyakarta ditinjau menggunakan unsur desain dan prinsip desain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Ibu Suratini selaku istri pemilik home industry Prima Batik, Mas Aris selaku karyawan home industry Prima Batik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan review informan. Analisis data dengan model alir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pelatihan karyawan diadakan secara langsung di Prima Batik. Tujuan diadakanya pelatihan karyawan di Prima Batik adalah untuk memberi bimbingan kepada karyawan mengenai cara pembuatan kerajinan batik kayu. Evaluasi diterapkan untuk menggukur sejauh mana tingkat keberhasilan dari diadakanya pelatihan karyawan. Proses pembuatan batik kayu yang ada di Prima Batik memiliki delapan tahapan yaitu: pengadaan bahan mentah, pengamplasan, menggambar motif, pembatikan, pewarnaan, pelrodan, finishing dan packing. (2) Pengklasifikasi motif pada kerajinan batik kayu yang ada di home industry Prima Batik dapat di bedakan menjadi dua yaitu motif batik klasik dan motif batik modern. Kerajinan batik kayu di home industry Prima Batik tergolong kedalam kategori batik modern karena dalam penggunaan medianya sudah berbeda.
Kata kunci: kerajinan batik kayu, prima batik

 

×
Penulis Utama : Rizky Luthfi Fakhrizal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214049
Tahun : 2019
Judul : Pelatihan batik kayu di home industry Prima Batik Yogyakarta periode 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Seni Rupa-K3214049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd.,
2. Dr. Endang Widiyastuti, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.