Penulis Utama : Analia Dian Ningrum
NIM / NIP : M3514006
×

UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA SABUN CAIR CUCI TANGAN YANG ADA DI PASARAN TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Echerichia coli

ANALIA DIAN NINGRUM

Jurusan D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Sebelas Maret

INTISARI

Produk sabun cair cuci tangan (handsoap) yang muncul di pasaran saat ini tidak sedikit yang menyertakan tagline antibakterial pada kemasan. Munculnya tagline ini menjadikan masyarakat semakin tertarik untuk membeli produk sabun cair cuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan daya hambat dari merk sabun cair cuci tangan yang ada di pasaran terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aures dan Escherichia coli secara in vitro.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian non eksperimental dengan  rancangan deskriptif. Penentuan sampel yang digunakan untuk pengujian berdasarkan data Best Brand Award 2016 serta kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengujian daya hambat dilakukan dengan metode disc difusion dengan menggunakan media selektif yaitu media Muller Hinton Agar, sedangkan untuk pengujian dengan menggunakan jari tangan probandus menggunakan media agar darah.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan komposisi zat aktif pada merk menyebabkan perbedaan hasil zona hambat.  Dari kelima merk yang diuji, semua merk memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aures dan hanya satu merk yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Hasil dari pengujian dengan jari tangan probandus menunjukkan bahwa semua merk mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aures yang ada di tangan, ditunjukkan dengan pola grafik yang semakin menurun dimulai dari menit ke-0 hingga menit ke-12.
    

Kata Kunci : zona hambat, pengujian in vitro, Staphylococcus aures, Escherichia coli, sabun cair cuci tangan

×
Penulis Utama : Analia Dian Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514006
Tahun : 2017
Judul : Uji Aktivitas Antimikroba Sabun Cair Cuci Tangan Yang Ada Di Pasaran Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Dan Escherichia Coli
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.MIPA - 2017
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. DIII Farmasi-M3514006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dinar Sari Cahyaningrum W. S.Farm., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.