Penulis Utama : Gea Ros Alifa
NIM / NIP : M3514021
×

ABSTRAK

Minyak ikan diketahui mengandung omega 3 khususnya EPA dan DHA yang diketahui memiliki efek antiinflamasi. Salah satu hewan yang memiliki kandungan EPA dan DHA yang tinggi adalah ikan sidat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek antiinflamasi minyak ikan sidat dan mengetahui perbedaan aktivitas antiinflamasi dari setiap dosis yang diberikan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental dengan metode udem buatan yang menggunakan tikus jantan sebanyak 20 ekor dan dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok kontrol negatif diberikan CMC Na 0,5%, kelompok kontrol positif diberikan Kalium diklofenak dan 3 kelompok berikutnya adalah perlakuan dosis. Dosis yang diberikan dalam penelitian ini adalah 10,8 mg, 21,6 mg dan 43,2 mg. Analisa statistika hasil dilakukan dengan one way anova.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya efek antiinflamasi pada tikus yang diberi perlakuan dosis minyak ikan sidat. Hasil perhitungan menunjukan daya antiinflamasi pada dosis 1, 2 dan 3 sebesar 34,35%. 35,132% dan 40,28%.  Berdasarkan analisa statistik yang dilakukan tidak ada perbedaan bermakna pada kelompok dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 (p ? 0,05).

Kata kunci : Antiinflamasi, Minyak ikan sidat, EPA, DHA

 

×
Penulis Utama : Gea Ros Alifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514021
Tahun : 2017
Judul : Uji Aktivitas Antiinflamasi Minyak Ikan Sidat (Anguilla Bicolor) Pada Tikus Jantan Galur Wistar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.MIPA - 2017
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. DIII Farmasi-M3514021-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Sasongko S.Farm., M.Sc., Apt
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.