Penulis Utama : Muadz Assidiqi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415037
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran guided discovery learning dan media film dokumenter untuk meningkatkan hasil belajar dan hots (high order thinking skills) dalam pembelajaran sejarah kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Pendidikan Sejarah-K4415037-2019
Subyek : GUIDED DISCOVERY LEARNING, MEDIA FILM DOKUMENTER, HASIL BELAJAR, HOTS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan HOTS siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Boyolali dengan menerapkan model Guided Discovery Learning dan media film dokumenter.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 32 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes HOTS, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis Statistik, analisis Interaktif dan deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dapat dikategorikan berlangsung dengan sangat baik dalam kegiatan guru mengajar maupun kegiatan siswa belajar di kelas, sehingga proses belajar berjalan dengan baik. Ketercapaian kegiatan pembelajaran prasiklus sebesar 12,50 % meningkat menjadi 59,38 % pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 90,63 %. Penerapan model Guided Discovery Learning dan media film dokumenter  dapat meningkatkan hasil belajar dan HOTS siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Boyolali dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan bahwa pembelajaran sejarah dengan menerapkan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan HOTS siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Boyolali.

Kata kunci:  Guided Discovery Learning, media film dokumenter, hasil belajar, HOTS

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd
2. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP