Penulis Utama : Mutiara Arlita Devi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413044
Tahun : 2019
Judul : Upaya meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas VIIIA SMP Negeri 3 Simo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Sejarah-K4413044-2019
Subyek : KEPERCAYAAN DIRI, HASIL BELAJAR, TWO STAY TWO STRAY (TSTS)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Simo yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan aktivitas selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan metode. Data penelitian meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis untuk data kuantitatif menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu dengan cara membandingkan hasil tindakan antar siklus. Sedangkan teknik analisis untuk data kualitatif menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prosentase jumlah siswa yang mencapai indikator kepercayaan diri dengan kategori tinggi dan sedang yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus prosentase jumlah siswa yang mencapai indikator kepercayaan diri dengan kategori tinggi dan sedang sebanyak 13 siswa atau sebesar 54,17%. Pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) mengalami peningkatan menjadi 15 siswa atau sebesar 62,5%. Kemudian setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai indikator kepercayaan diri dengan kategori tinggi dan sedang meningkat menjadi 23 siswa atau sebesar 87,5%. Pencapaian pada siklus II tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu siswa yang memiliki kepercayaan diri dengan kategori tinggi dan sedang sebesar ?80%. (2) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prosentase jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM=75) pada hasil belajar IPS yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus prosentase pencapaian hasil belajar IPS dengan KKM 75 adalah sebesar 33,33%. Pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) mengalami peningkatan menjadi 54,17%. Setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus II prosentasenya meningkat menjadi 79,17%. Pencapaian hasil belajar IPS siswa dengan KKM 75 pada siklus II tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yaitu sebesar ?75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Simo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : kepercayaan diri, hasil belajar, Two Stay Two Stray (TSTS)

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd.,
2. Drs. Sri Wahyuni, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP