Penulis Utama : Nur Avika Sari
NIM / NIP : K4215043
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tokoh utama dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi menggunakan perspektif dekonstruksi; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi; dan (3) relevansi novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi sebagai bahan ajar di SMA/SMK.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan dekonstruksi. Data yang dikaji berupa teks (kata-kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf dan wacana) yang diperoleh melalui analisis dokumen. Dokumen yang digunakan adalah novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi. Data berikutnya berupa narasi dari hasil wawancara dari informan yang meliputi pengarang novel Kinanti, pakar sastra, guru mata pelajaran Bahasa Jawa, dan siswa SMK Negeri 5 Surakarta. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik non random sampling, yakni purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, unsur intrinsik dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi meliputi plot, tema, penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat. Kedua, perspektif dekonstruksi tokoh utama dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi yang mengungkap bahwa Yulia adalah tokoh utama dalam novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi dan mengungkap jati diri Yulia melalui sudut pandang dekonstruksi. Ketiga, nilai pendidikan karakter novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi antara lain religius, jujur, toleransi, demokrasi, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Keempat, relevansi novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi sebagai bahan ajar bahasa Jawa di SMA/SMK. Dari beberapa wawancara yang telah dilakukan dengan narasumber disimpulkan bahwa novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi relevan sebagai bahan ajar di SMA/SMK.
Kata Kunci: tokoh utama, novel, dekonstruksi, nilai pendidikan karakter

 

×
Penulis Utama : Nur Avika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215043
Tahun : 2019
Judul : Perspektif dekonstruksi dan nilai pendidikan karakter pada tokoh utama novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi serta relevansinya sebagai bahan ajar bahasa jawa di SMA/SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M. Pd.,
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.