Penulis Utama : Daruwati
NIM / NIP : K5114012
×

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan matematika berjenjang terhadap peningkatan kemampuan simbolisasi (1-20) pada anak berkesulitan belajar matematika kelas II Sekolah Dasar.  
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak berkesulitan belajar matematika kelas II Sekolah Dasar di SD 1 Al Islam Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dengan expert judgement. Reliabilitas instrumen menggunakan Interrater Realibility. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dengan metode analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai kemampuan simbolisasi. Nilai rata-rata kemampuan simbolisasi yaitu dari 35 pada fase baseline-1 (A1) menjadi 81,7 pada fase intervensi (B). Namun pada fase baseline-2 nilai mengalami sedikit penurunan dari fase intervensi (B) yaitu 71,7. Kecenderungan stabilitas pada fase B dan A1 adalah 100% stabil. kecenderungan stabilitas pada fase A2 dan B adalah 100% stabil. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pendekatan matematika berjenjang berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan simbolisasi (1-20) pada anak berkesulitan belajar matematika kelas 2 Sekolah Dasar.  
 
Kata Kunci : pendekatan matematika berjenjang, kemampuan simbolisasi, anak berkesulitan belajar matematika.
 
 

×
Penulis Utama : Daruwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114012
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh penggunaan pendekatan matematika berjenjang terhadap peningkatan kemampuan simbolisasi (1-20) pada anak berkesulitan belajar matematika kelas II Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prog. Pendidikan Luar Biasa-K5114012-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.,
2. Mahardhika Supratiwi, S.Psi.,MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.