Penulis Utama : Yuliani Hidayatul Amania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415066
Tahun : 2019
Judul : Integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah di SMA negeri 1 Ajibarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Pendidikan Sejarah-K4415066-2019
Subyek : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP, PEMBELAJARAN SEJARAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan pembelajaran integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang; (2) pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang; serta (3) solusi yang dilakukan guru untuk menghadapi kendala pada pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, peristiwa, tempat, dan dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan bersifat purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu interaksi antara tiga komponen (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) dengan pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, perencanaan pembelajaran integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah dimulai dengan penyusunan silabus dan RPP yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup. Kedua, pelaksanaan Integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah masih terbatas pada aspek kesadaran, pengetahuan dan sikap saja. Aspek keterampilan dan partisipasi merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan pembelajaran yang berbasis lingkungan, hal ini belum terlihat pada mata pelajaran sejarah sehingga dapat disimpulkan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang masih belum maksimal. Ketiga, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah yaitu adanya sikap dan perilaku beberapa peserta didik yang kurang peduli terhadap lingkungan, pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah masih fokus pada ranah kognitif dan afektif saja. Solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala dalam pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran sejarah yaitu guru secara rutin memberikan nasehat kepada peserta didik akan pentingnya peduli kepada lingkungan sekitar, mengadakan sosialisasi, workshop atau pelatihan secara terus-menerus tentang pendidikan lingkungan hidup yang terintegrasi dalam pembelajaran.

Kata kunci : pendidikan lingkungan hidup, pembelajaran sejarah.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, M.Pd.,
2. Dra. Sri Wahyunu, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP