Penulis Utama : Ari Ardi Sutrisno
NIM / NIP : K7115023
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi kegiatan ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada peserta didik kelas V SD Negeri Rogomulyo 1.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 21 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan dan Huberman, validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber,dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa nilai rata-rata kelas hasil pratindakan yaitu 58,29 dengan ketuntasan klasikal 28,57%, pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 63,1 dengan ketuntasan klasikal 60%, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat kembali menjadi 73,79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,95%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi kegiatan ekonomi pada peserta didik kelas V SD Negeri Rogomulyo 1 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: model pembelajaran CORE, kemampuan berpikir kritis, kegiatan ekonomi.

 

×
Penulis Utama : Ari Ardi Sutrisno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115023
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (core) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi kegiatan ekonomi (penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas V SD negeri Rogomulyo 1 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115023-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.,
2. Hadiyah, S.Pd, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.