Penulis Utama : Brillian Cahyo Nugroho
NIM / NIP : D0113019
×

ABSTRAK

Brillian Cahyo Nugroho. D0113019. Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Destinasi Pariwisata Terminal Wisata Mbangun Makuthoromo  Karangpandan  Kabupaten  Karanganyar  (Studi Menggunakan Model Evaluasi CIPP). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. 2018.


Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan analisis evaluasi pelaksanaan program pengembangan destinasi pariwisata di Terminal Wisata Mbangun Makuthoromo Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis CIPP.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Sumber  data dalam penelitian didapatkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan cara  purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan skema model analisis interaktif yang terdiri dari  tahap  reduksi  data,  sajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Penelitian dilakukan di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar dan Terminal Wisata Mbangun Makuthoromo.
Dari hasil evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP, penulis menyimpulkan  bahwa  dalam  proses  input  dan  produk  dalam  pelaksanaannya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun pada aspek Context dalam kebutuhan yang belum terpenuhi sampai saat ini masih belum berjalan dengan maksimal, hal ini dikarenakan anggaran yang diberikan pemerintah tidak mencukupi  dan  belum  bekerja  sama  dengan  pihak  swasta  seperti  perusahaan otobus untuk melengkapi fasilitas di Terminal Mbangun Makuthoromo. Pada Aspek Process dalam pelaksanaan program juga belum sesuai dengan apa yang diharapkan karena dalam pelaksanaan program belum melibatkan dengan pihak SKPD seperti melibatkan Dinas perhubungan untuk membantu menyediakan kebutuhan akomodasi dan pemeliharaan yang sampai saat ini belum berjalan.

 

Keyword  :  CIPP,  Evaluasi  Pelaksanaan  Program,  Pengembangan  Destinasi
Pariwisata

×
Penulis Utama : Brillian Cahyo Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113019
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Destinasi Pariwisata Terminal Wisata Mbangun Makuthoromo Karangpandan Kabupaten Karanganyar (Studi Menggunakan Model Evaluasi CIPP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi. Administrasi Negara-D1414006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Marsudi, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.