Penulis Utama : Bela Sofiana Lenterawati
NIM / NIP : K1315008
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan berdasarkan tahapan kastolan siswa gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, random konkret, dan random abstrak dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dan faktor yang menyebabkan kesalahan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 10 subjek. Prosedur pemilihan subjek mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Angket yang diberikan adalah angket gaya berpikir. Tes berbentuk soal uraian. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan berdasarkan tahapan Kastolan yang dilakukan siswa gaya berpikir Sekuensial Konkret pada tipe pemahaman adalah kesalahan konsep dan kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah tidak paham konsep persamaan linear dua variabel dan tidak terbiasa menuliskan jawaban secara lengkap. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah kesalahan teknik dan kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah tidak teliti dan tidak terbiasa menuliskan jawaban secara lengkap. Jenis kesalahan pada tipe analisis adalah kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah salah memahami soal dan tidak terbiasa menuliskan jawaban sampai akhir. Jenis kesalahan tahapan Kastolan siswa gaya berpikir Sekuensial Abstrak pada tipe pemahaman adalah kesalahan konsep dan kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah tidak paham konsep persamaan linear dua variabel, menggunakan cara coba-coba, dan tidak terbiasa menuliskan jawaban secara lengkap. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah kesalahan konsep dan kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah tidak hafal, ragu, dan tidak terbiasa menuliskan jawaban secara lengkap. Kesalahan pada tipe analisis adalah kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Penyebab kesalahan adalah tidak terbiasa menuliskan jawaban sampai akhir dan tidak teliti. Jenis kesalahan tahapan Kastolan siswa gaya berpikir Random Konkret pada tipe pemahaman adalah kesalahan konsep,  kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Penyebab kesalahan adalah tidak paham konsep persamaan linear dua variabel, tidak terbiasa menuliskan jawaban secara lengkap, dan tidak teliti. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah kesalahan konsep dan kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah salah memahami soal dan tidak terbiasa menuliskan jawaban secara lengkap. Jenis kesalahan pada tipe analisis adalah kesalahan konsep, kesalahan prosedural, dan  kesalahan teknik. Penyebab kesalahan adalah tidak paham konsep persamaan linear dua variabel, tidak terbiasa menuliskan jawaban sampai akhir, dan tidak teliti. Jenis kesalahan tahapan Kastolan siswa gaya berpikir Random Abstrak pada tipe pemahaman adalah kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah tidak menggunakan metode penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan baik. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan adalah malas dan tidak terbiasa menuliskan simpulan. Jenis kesalahan pada tipe analisis adalah prosedural dan teknik. Penyebab kesalahan adalah menggunakan cara coba-coba, tidak terbiasa menuliskan simpulan di akhir jawaban, dan tidak teliti.

Kata Kunci : soal cerita, sistem persamaan linear dua variabel, gaya berpikir, jenis kesalahan tahap Kastolan

 

×
Penulis Utama : Bela Sofiana Lenterawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315008
Tahun : 2019
Judul : Analisis kesalahan berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya berpikir siswa kelas VIII SMP negeri 19 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Matematika-K1315008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya M.Si,
2. Yemi Kuswardi S.Si.,M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.