Penulis Utama : Nurmalita Sari
NIM / NIP : S831508036
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis karakteristik modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar; 2) menganalisis kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa; 3) menganalisis efektivitas modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi fluida dinamis.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan alur 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Modul divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli bahasa, satu ahli media, dua reviewer dan satu peer reviewer. Uji coba skala kecil dari modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dilaksanakan di SMAN 6 Surakarta dengan melibatkan 16 siswa. Uji coba skala besar dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Surakarta. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa: 1) karakteristik modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing yaitu berupa modul cetak untuk materi fluida dinamis yang disusun berdasarkan sintaks a) orientasi, b) merumuskan masalah, c) merumuskan hipotesis, d) melaksanakan observasi, eksperimen, atau simulasi, e) mengumpulkan dan menganalisis data, f) inferensi, g) generalisasi, dan h) refleksi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang terdiri dari attention (perhatian), relevance (relevansi), confidence (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan); 2) modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan berdasarkan hasil penilaian dari para validator dengan persentase sebesar 92,58%; 3) modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan jumlah siswa yang mempunyai hasil belajar di atas KKM sebesar 75% dan efektif meningkatkan motivasi siswa dengan N-gain score sebesar 0,79.

Kata kunci: fluida dinamis, hasil belajar, inkuiri terbimbing, modul, motivasi

 

×
Penulis Utama : Nurmalita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831508036
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains-S831508036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.,
2. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.