Penulis Utama : Andri Paulus Loe
NIM / NIP : S991502003
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengembangan modul ekonomi  berbasis  konstruktivistik  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa SMA Swasta di Kupang; 2) Menganalisis keefektifan pengembangan modul ekonomi  berbasis  konstruktivistik  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa SMA Swasta di Kupang.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur Borg dan Gall yang dimodifikasi dan terdiri dari 8 tahap yaitu 1) Penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba kelompok kecil, 5) Revisi produk, 6) Uji coba pemakaian produk, 7) Revisi produk akhir,  8) Uji coba lapangan operasional. Analisis data  yang digunakan selama dalam pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul ekonomi berbasis konstruktivistik berdasarkan skor skala, dan analisis tes hasil belajar menggunakan t-test. Produk pengembangan diuji cobakan melalui evaluasi formatif test dan sumatif test yang meliputi beberapa tahap yaitu: review ahli materi ekonomi, ahli media, ahli bahasa, ahli praktisi, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok luas.

Hasil uji penelitian disimpulkan bahwa: 1) modul ekonomi berbasis konstruktivistik telah berhasil dikembangkan dengan materi pelajaran yang terkini, mengacu pada pembelajaran aktif dengan sintaks pembelajaran konstruktivistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat ditunjukan dengan dengan penilaian ahli validator dimana (a) Ahli materi mendapatkan presentase nilai 97,05%, (b) Ahli media Ahli materi mendapatkan presentase nilai 100%, (c) Ahli bahasa Ahli materi mendapatkan presentase nilai 100% dan (d) Ahli praktisis Ahli materi mendapatkan presentase nilai 92,15%.; 2) modul ekonomi berbasis konstruktivistik telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan  hasil  belajar  siswa  berdasarkan  hasil  signifikan  uji-t adalah 0,000<0> t-tabel 2,001. Hal membuktikan bahwa Ha diterima yang artinya adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji ini menunjukan bahwa nilai post- test     kelas  eksperimen  lebih  besar  dari  kelas  kontrol,  sehingga  dapat disimpulkan bahwa modul ekonomi berbasis konstruktivistik yang dikembangkan telah teruji keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Swasta Kota Kupang.

 

×
Penulis Utama : Andri Paulus Loe
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991502003
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Swasta di Kota Kupang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Ekonomi-S991502003 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.