Penulis Utama : Pratiwi Kartika Siwi
NIM / NIP : C0813029
×

ABSTRAK

Pratiwi  Kartika  Siwi.  Desain  Interior  Pusat  Promosi  Kain  Tenun  Lurik Pedan di Klaten.   Tugas Akhir : Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2017.

Kain tenun lurik adalah kain tradisional yang banyak diproduksi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tetapi keberadaan kain tenun lurik kurang diminati masyarakat jika dibandingkan dengan kain batik.  Karena corak garis lurusnya terlihat monoton dan proses pembuatan yang rumit dan memakan waktu lama membuat harga jual kain tinggi. Dalam “Desain Interior Pusat Promosi Kain Tenun Lurik Pedan di Klaten” ini, bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat terhadap kain tenun lurik baik proses pembuatannya, jenis-jenis coraknya dan produk inovasi kain tenun lurik. Pengetahuan masyarakat tentang keunikan corak dan proses pembuatan kain tenun lurik ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dari kain tenun lurik. Dalam proyek ini terdapat ruang penjualan produk kain tenun lurik sebagai media promosi bagi desainer ataupun pengusaha produk asli maupun hasil inovasi dari kain tenun lurik.

Dalam proses kreatif pembuatan Desain Interior Pusat Promosi Kain Tenun Lurik Pedan,  corak  lurik  dipilih  sebagai  koridor  perencanaan  dan  perancangan  ini. Garis-garis dari corak kain tenun lurik ini adalah jawaban aplikasi visual dari karakter kain tenun lurik itu sendiri. Bentuk garis lurusnya yang berulang dan berbeda-beda warna menjadi ciri khas visual dari kain tenun lurik diaplikasikan pada elemen interior  untuk  memperkuat  karakter Pusat  Promosi  Tenun  Lurik Pedan ini. Klaten dipilih sebagai lokasi perancangan karena Klaten merupakan salah satu kabupaten yang memproduksi kain tenun lurik.

Hasil proses Desain Interior Pusat Promosi Kain Tenun Lurik Pedan ini akan menghasilkan desain interior yang memiliki karakter garis yang kuat. Ornamen garis akan ada disetiap ruangan dengan bentuk yang beragam, namun masih memiliki karakter garis yang kuat. Material kayu, batu alam, dan concrete banyak ditemui dalam proyek ini.

Kata Kunci: desain interior, pusat promosi, corak lurik, garis

 

×
Penulis Utama : Pratiwi Kartika Siwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0813029
Tahun : 2017
Judul : Desain Interior Pusat Promosi Kain Tenun Lurik Pedan di Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2017
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Seni Rupa dan Desain Jur. Desain Interior-C 0813029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi, S.Sn.,M.Ds
2. Drs. Soepriyatmono, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.