Penulis Utama : Muhammad Yusuf Wibisono
NIM / NIP : S411208025
×

Efisiensi usaha dari suatu perbankan dapat diketahui dari tingkat profitabilitasnya, rasio profitabilitas bank biasanya diukur dengan menggunakan dua rasio utama yaitu Return on Equity (ROE) dan Return On Assets (ROA). Pada perbankan syariah variabel independen yang digunakan untuk memprediksikan variabel ROA diantaranya Capital Adequacy Rasio (CAR), Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO), Net Operating Margin (NOM), Non Performing Financing (NPF),  Financing     to     Deposit     Ratio (FDR). Sehingga peneliti mengambil judul “Analisis Pengaruh CAR, NPF, BOPO, FDR, Terhadap ROA Yang Dimediasi Oleh NOM” Studi Pada Bank Syariah di Indonesia Perioda 2012 sampai 2015.

Untuk menentukannya model pengaruh tersebut digunakan metode analisis jalur dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Data diambil dari laoran keuangan tahunan perbankan syariah di indonesia periode tahun 2012 sampai 2015 sebanyak 9 bank yang terdaftar dalam direktori Bank Indonesia dengan menggunkan teknik sampling metode purposive sampling.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) variabel CAR, NPF, BOPO dan FDR berpengaruh terhadap NOM secara parsial dengan arah koefisien yang berbeda-beda. Untuk CAR,NPF,  BOPO memiliki pengaruh negatif, sedangkan FDR memiliki pengaruh positif; 2) pengaruh serempak variabel CAR, NPF, BOPO, FDR  berpengaruh  terhadap  NOM  sebesar  42,5%  sedangkan  sisanya  57,5% variabel NOM dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel CAR, NPF, BOPO, dan FDR; 3) variabel CAR, NPF , BOPO, FDR, dan NOM berpengaruh terhadap ROA secara parsial. Variabel CAR dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel FDR, BOPO berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA, demikian juga NOM berpengaruh signfikan positif terhadap ROA; 4) pengaruh serempak variabel CAR, NPF, BOPO, FDR, NOM berpengaruh terhadap ROA sebesar 90,8% sedangkan sisanya 9,2% variabel ROA dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel CAR, NPF, BOPO, FDR, dan NOM; 5) variabel NOM memediasi secara penuh (full mediated) pengaruh antara CAR, NPF, BOPO dan FDR terhadap ROA.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Yusuf Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411208025
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing, Biaya Operasional Dibanding Pendapatan Operasional, Financing Debt To Ratio pada Return On Assets yang Dimediasi oleh Net Operating Margin (Studi Pada Bank Syariah di Indonesia Periode 2012 sampai 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Manajemen-S411208025-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Salamah Wahyuni, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.