Penulis Utama : Mochtar Dahari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0110084
Tahun : 2017
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2010-2014
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. EKONOMI DAN BISNIS - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. EKONOMI DAN BISNIS Prog. EKONOMI PEMBANGUNAN-F0110084 -2017
Subyek : TINGKAT KEMISKINAN, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK, TINGKAT PENGANGGURAN, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT
KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2010-2014
Mochtar Dahari
NIM. F0110084


Kemiskinan merupakan masalah yang fundamental dan menyangkut banyak aspek baik di tingkat nasional maupun daerah. Diantara 6 Provinsi yang ada di Pulau Jawa, tingkat kemiskinan Provinsi Jawa Tengah tergolong cukup tinggi. Yakni menempati posisi ke-dua setelah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kurun waktu antara tahun 2010 hingga 2014. Bahkan sempat
menempati posisi pertama dengan tingkat kemiskinan sebesar 15,34% di tahun 2012. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah tahun 20102014. Masalah-masalah yang diduga berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan diantaranya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Jumlah Penduduk, Tingkat Penganguran, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis regresi data panel yang terdiri dari datatime series tahun 2010-2014 dan data cross section 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan pendekatan Fixed Effect Model. Analisis ini dilakukan dengan bantuan software e-views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan. Di sisi lain, variabel Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variabel tingkat pengangguran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Tengah diharapkan mampu menerapkan kebijakankebijakan yang erat kaitannya dengan pembangunan sumber daya manusia dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian secara merata melalui penciptaan lapangan pekerjaan, penerapan pajak progresif dan bantuan subsidi yang tepat sasaran.

Kata Kunci:Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Jumlah Penduduk, Tingkat
Pengangguran, Produk Domestik Regional Bruto.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kresno Sarosa Pribadi, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis