1,683 dengan hasil sig. = 0,000 bullying pada siswa  SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali sebesar 36,8%. Sedangkan sisanya 63,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi.(3) Hasil regresi sederhana terpaan tayangan sinetron “Anak Jalanan” di televisi sebesar 18,699 akan diikuti perilaku bullying sebesar 0,602. Berdasarkan persamaan regresi linear tersebut dapat dianalisis pengaruh perilaku bullying dari variabel X (terpaan tayangan sinetron Anak Jalanan di televisi) terhadap variabel Y ( perilaku bullying).Kata kunci: Bullying, sinetron Anak Jalanan, terpaan tayang" /> Terpaan tayangan sinetron anak jalanan di televisi dan perilaku bullying (studi korelasi terpaan tayangan sinetron anak jalanan di televisi terhadap perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali) 1,683 dengan hasil sig. = 0,000 bullying pada siswa  SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali sebesar 36,8%. Sedangkan sisanya 63,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi.(3) Hasil regresi sederhana terpaan tayangan sinetron “Anak Jalanan” di televisi sebesar 18,699 akan diikuti perilaku bullying sebesar 0,602. Berdasarkan persamaan regresi linear tersebut dapat dianalisis pengaruh perilaku bullying dari variabel X (terpaan tayangan sinetron Anak Jalanan di televisi) terhadap variabel Y ( perilaku bullying).Kata kunci: Bullying, sinetron Anak Jalanan, terpaan tayang" />

Penulis Utama : Isnaini Muarifah Khairani
NIM / NIP : D1212045
×

Salah satu media komunikasi massa adalah televisi. Televisi, selain memberikan informasi juga memberikan hiburan seperti tayangan sinetron. Tayangan sinetron yang saat ini digemari oleh remaja yaitu "Anak Jalanan" termasuk siswa kelas VII SMPN 1 Kemusu Boyolali. Sinetron “Anak Jalanan” banyak menerima kritik yang berkaitan dengan tayangan kekerasan. Kritik dan sanksi oleh KPI terhadap sinetron “Anak Jalanan” karena dapat memberikan dampak negatif yaitu perilaku bullying bagi pelajar. Alasan pemilihan objek penilitian yaitu SMPN 1 Kemusu Boyolali karena adanya perilaku bullying di SMPN 1 Kemusu Boyolali

Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh menonton penayangan sinetron “Anak Jalanan” terhadap perilaku bullying pada siswa Siswa SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali. (2) Untuk mengetahui besar persentase kontribusi menonton penayangan sinetron “Anak Jalanan” terhadap perilaku bullying pada siswa Siswa SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali.

Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali kelas VII terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 130 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan regresi sederhana.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) tingkat terpaan tayangan sinetron “Anak Jalanan” kuat. Sedangkan efek sinetron “Anak Jalanan” terhadap kasus bullying pelajar SMP Negeri 1 Kemusu, Boyolali cukup berpengaruh terhadap sikap pelajar.

(2) Aktivitas menonton tayangan sinetron “Anak Jalanan” berpengaruh terhadap perilaku bullying pada siswa SMPN 1 Kemusu Boyolali. Hal ini ditunjukkan hasil thitung 5,066 > 1,683 dengan hasil sig. = 0,000 bullying pada siswa  SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali sebesar 36,8%. Sedangkan sisanya 63,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi.

(3) Hasil regresi sederhana terpaan tayangan sinetron “Anak Jalanan” di televisi sebesar 18,699 akan diikuti perilaku bullying sebesar 0,602. Berdasarkan persamaan regresi linear tersebut dapat dianalisis pengaruh perilaku bullying dari variabel X (terpaan tayangan sinetron Anak Jalanan di televisi) terhadap variabel Y ( perilaku bullying).

Kata kunci: Bullying, sinetron Anak Jalanan, terpaan tayang

×
Penulis Utama : Isnaini Muarifah Khairani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212045
Tahun : 2017
Judul : Terpaan tayangan sinetron anak jalanan di televisi dan perilaku bullying (studi korelasi terpaan tayangan sinetron anak jalanan di televisi terhadap perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1212045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.