Penulis Utama : Nidaush Shubhi Luthfiyah
NIM / NIP : F0113068
×

ABSTRAK

ANALISIS PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN PEREKONOMIAN
KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011- 2015


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sektor Basis dan Non Basis dalam perekonomian Kabupaten Kulon Progo Tahun 2011- 2015; 2) mengetahui sektor unggulan perekonomian Kabupaten Kulon Progo Tahun 2011- 2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data time series dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kulon Progo dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2011- 2015. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Location Quotient (LQ) dan analisis Shfit Share.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kabupaten Kulon Progo memiliki tujuh sektor Basis ekonomi yaitu sektor Pertambangan dan Penggalian; sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor; sektor Pertanian, Kehutanan, Perikanan; sektor Transportasi dan Pergudangan; sektor Jasa Lainnya; sektor Pengadaan Air, Pengolahan Sampah, Limbah dan Daur Ulang; serta sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib  dan juga memliki sepuluh sektor Non Basis yaitu sektor Jasa perusahaan; sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum; sektor Real Estate; sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial; sektor Informasi dan Komunikasi; sektor Pengadaan Listrik dan Gas; sektor Jasa Pendidikan; sektor Jasa Keuangan dan Asuransi; sektor Konstruksi; serta sektor Industri Pengolahan. 2) sektor Unggulan di kabupaten Kulon Progo dengan kriteria tergolong ke dalam sektor basis dan mempunyai keunggulan kompetitif adalah sektor  Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor.
Pemerintah Kabupaten Kulon progo diharapkan terus mengawasi dan memperhatikan keadaan sektor- sektor ekonomi, mengupayakan untuk meningkatkan PDRB guna pengembangan sektor basis dengan tidak mengabaikan sektor Non Basis, dan mengutamakan pengembangan sektor Unggulan yaitu sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor guna meningkatkan PDRB. Bagi peneliti selanjutnya agar menganalisis sub sektor unggulan bahkan sampai pada tahapan komoditi unggulan, sehingga mempermudah pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam mengembangkan komoditas melalui penerapan kebijakan di masa yang akan datang.

Kata kunci: sektor Basis dan Non Basis, sektor Unggulan, Location Quotient, dan Shift Share.

 

×
Penulis Utama : Nidaush Shubhi Luthfiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113068
Tahun : 2017
Judul : ANALISIS PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN PEREKONOMIAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011- 2015
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. EKONOMI DAN BISNIS - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. EKONOMI DAN BISNIS Prog. Ekonomi-F3314057 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.