Penulis Utama : Muhammad Fuad Ali Nasution
NIM / NIP : R0210017
×

Latar Belakang : Departemen perontokan dan penggilingan pada industri penggilingan padi menghasilkan intensitas debu >3,55 mg/m?3; dengan ukuran debu padi antara 0,1 - 10 Mikron. Ukuran debu tersebut dapat menyebabkan kerusakan paru dan Fibrosis. Para pekerja sebagian besar tidak menggunakan alat pelindung pernafasan karena merasa tidak nyaman dan mengaku telah terbiasa serta tidak terganggu bekerja pada tempat kerja yang berdebu. 
 
Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik, dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja yang bekerja di 10 tempat penggilingan padi tersebut, dengan menggunakan teknik tottal sampling mendapat besar sampel sebanyak 62 pekerja di 10 industri penggilingan padi bagian perontokan dan penggilingan padi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner. Masing-masing variable yang diteliti diuji dengan menggunakan uji koefisient kontingensi untuk mengetahui hubungan antara variable sikap dan pengetahuan dengan penggunaan alat pelindung pernafasan dengan nilai p > 0,05. 
 
 
Hasil : Hasil penelitian menunjukan 72.6% memiliki pengetahuan sedang terhadap alat pelindung pernafasan, 62.9% responden yang memiliki sikap sedang dan 64.4% responden yang tidak menggunakan alat pelindung pernafasan. Dari hasil uji statistik koefisien kontingensi hubungan dengan penggunaan alat pelindung pernafasan adalah signifikan dengan hasil pengetahuan p value = 0.001 (p?0.05) dengan r = 0.431 dan sikap p value = 0.001 (p?0.05)  dengan r = 0.441. Sehingga terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dengan pengunan alat pelindung pernfasan dengan arah korelasinya adalah positif. 
 
Simpulan : Ada hubungan pengetahuan dan sikap dengan penggunaan alat pelindung pernafasan pada pekerja di Penggilingan Padi Kabupaten Delanggu, Klaten. 
 
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Penggunaan Alat Pelindung Pernafasan.  

×
Penulis Utama : Muhammad Fuad Ali Nasution
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0210017
Tahun : 2017
Judul : Hubungan pengetahuan dan sikap dengan penggunaan alat pelindung pernafasan pada pekerja di penggilingan padi Kabupaten Delanggu Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0210017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ipop Sjarifah, dra., M.Si
2. Haris Setyawan, S.K.M., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.