Penulis Utama : Rosita Sri Utami
NIM / NIP : K4213064
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran membaca paragraf berhuruf Jawa; dan (2) kemampuan membaca paragraf berhuruf Jawa melalui metode two stay two stray dan media kartu ukara pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 32 siswa. Sumber data berupa tempat dan proses pembelajaran, informan, dokumen, serta catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes atau pemberian tugas, kajian dokumen, dan angket. Validasi data yang digunakan adalah validasi triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar siswa dalam membaca paragraf berhuruf Jawa dan deskriptif dengan analisis kritis, yaitu mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran two stay two stray dan media kartu ukara dapat meningkatkan kualitas proses dan kemampuan membaca paragraf berhuruf Jawa siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase: (1) kualitas proses pembelajaran terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas belajar siswa dalam membaca paragraf berhuruf Jawa diperoleh jumlah siswa yang memiliki aktivitas belajar “sangat baik dan baik” yaitu pada siklus I sebesar 65,63%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,38%; (2) kemampuan membaca paragraf berhuruf Jawa siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada ketuntasan siswa yang mencapai nilai KKM ? 75 pada survai awal sebanyak 10 siswa (31,25%), pada siklus I meningkat menjadi 21 siswa (65,63%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa (81,25%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran two stay two stray dan media kartu ukara dapat meningkatkan kemampuan membaca paragraf berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Kebakkramat.

 

Kata kunci : metode two stay two stray, media kartu ukara, kemampuan membaca  paragraf berhuruf Jawa.

×
Penulis Utama : Rosita Sri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213064
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan keaktifan siswa dan kemampuan membaca paragraf berhuruf jawa melalui metode two stay two stray dan media kartu ukara pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213064-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Astina Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Tidak Ada File Daftar Pustaka.
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.