Penulis Utama : Sigit Nurhadi
NIM / NIP : K7113199
×

 ABSTRAK


Sigit Nurhadi. K7113199.”Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd Totosari Laweyan Surakarta 2016/2017” Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret,Juli 2017 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian inu dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakandan setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksaan tindakan,
observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I  N yang berjumlah 31 siswa  ( 17 Siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan). Teknik Pengumpulan data dengan tes ,obesrvasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil Penelitian, diketahui bahwa nilai rata-rata siswa pada pada kondisi awal adalah 70.87 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 45.16 %. Pada siklus I,nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73.29 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 61.29 %. Selanjutnya pada siklus II,nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 79.61 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 87.09 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan permainan tebak kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Totosari Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu,permainan tebak kata dapat digunakan sebagai salah satu alternatif permainan yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.
 
Kata kunci : Keterampilan membaca permulaan,Permainan tebak kata

×
Penulis Utama : Sigit Nurhadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113199
Tahun : 2017
Judul : PENERAPAN PERMAINAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Surakarta)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PGSD-K7113199 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M. Pd,
2. Dr. Rukayah, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.