Penulis Utama : Varlie Charoline Tanawani
NIM / NIP : G0012247
×

Abstrak
Latar Belakang: Insomnia adalah salah satu gangguan kualitas tidur, bisa karena kesulitan dalam memulai tidur, kesulitan dalam mengatur tidurnya, bangun lebih awal dan tidur yang tidak nyenyak.  Insomnia menyebabkan penurunan fungsi kognisi di beberapa aspek seperti daya fokus dan konsentrasi. Penurunan daya fokus dan konsentrasi menyebabkan menurunnya kemampuan untuk mempelajari sesuatu, mengingat, mengatur rencana, memecahkan masalah, melakukan perhitungan dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara insomnia dengan konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Tingkat I Universitas Sebelas Maret (UNS).
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan studi cross sectional. Dilakukan di Fakultas Kedokteran UNS dengan sampel sebanyak 221 mahasiswa tingkat I. Pengambilan subjek dengan teknik total sampling. Variabel bebas adalah insomnia yang diukur dengan kuesioner Insomnia Rating Scale (IRS) dan variabel terikat adalah konsentrasi belajar yang diukur dengan kuesioner konsentrasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Chi-Square.    
Hasil: Dari 221 mahasiswa tingkat I, hasil analisis Chi-Square didapatkan mahasiswa yang mengalami insomnia dengan konsentrasi baik sebanyak 72 orang, mahasiswa yang mengalami insomnia dengan konsentrasi kurang baik sebanyak 59 orang, dan 48 orang adalah mahasiswa yang tidak mengalami insomnia dengan konsentrasi kurang baik serta mahasiswa yang tidak mengalami insomnia dengan konsentrasi baik berjumlah 42 orang dan nilai p 0,225.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara insomnia dengan konsentrasi belajar mahasiswa Program Studi Kedokteran Tingkat I UNS.

Kata kunci: Insomnia, Konsentrasi belajar mahasiswa, IRS

Abstact
Background: Insomnia is a quality of sleep disorders, may be due to sleep initiation problems,  difficulty in regulating sleep, get up early and sleep well. Insomnia causes a decrease in cognitive function in a number of aspects, such as the focus of focus and concentration. Power reduction focus and concentration leads to a reduced ability to learn something, to remember, established plan, to solve the problems, perform calculations and others. The aim of this study is to determine the relationship between insomnia with concentration level of students I Medical Faculty of Sebelas Maret University (UNS).
Methods: This study was observational analytical with cross sectional study. Performed at the Medical Faculty of UNS with a sample of 221 first-year students. Detention of patients with total sampling. The independent variable was measured with a questionnaire insomnia, Insomnia Rating Scale (IRS) and the dependent variable, the concentration is measured by studying questionnaire study concentrations. The data were analyzed by Chi-square test.
Results: Of the 221 first-year students, Chi-squared analysis results in students who have insomnia with a good concentration as much as 72, students who have insomnia with a poor concentration as many as 59 people, and 48 were students who did not have insomnia with less concentration, as well as students who did not have insomnia with a good concentration of 42 people and had a p-value of 0.225.
Conclusion: There was no connection between insomnia with student concentration of Medical Studies Program Level I UNS.

Keywords: Insomnia,  Concentration of student learning, IRS

 

×
Penulis Utama : Varlie Charoline Tanawani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012247
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Insomnia Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran Tingkat I Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Pendidikan Dokter-G0012247-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amandha Boy Timor R, dr., MMedEd
2. Yunia Hastami, dr., MMedEd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.