Penulis Utama : Ulfah Hidayati
NIM / NIP : R1116084
×

ABSTRAK
 
Ulfah Hidayati. R1116084. 2017. Pengaruh Senam Hamil terhadap Nyeri Punggung pada Ibu Hamil Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Baki, Sukoharjo. Program Studi DIV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang : Nyeri punggung pada kehamilan muncul perubahan fisik dan hormon selama masa kehamilan. Salah satu cara untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil adalah senam hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Baki, Sukoharjo. Desain Penelitian : Penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control yang dilakukan di wilayah kerja di Puskesmas Baki, Sukoharjo. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil trimester III. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel masing-masing 30 responden pada kelompok kasus dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square dengan aplikasi SPSS version 21. Hasil Penelitian : 30 (50%) responden mengikuti senam hamil dan 30 (50%) responden tidak mengikuti senam hamil. Nyeri punggung yang dialami ibu hamil 32 (53,3%) responden mengalami nyeri punggung ringan, 28 (47,7%) responden mengalami nyeri punggung sedang. Dari analisis yang digunakan menggunakan Chi Square didapatkan hasil p=0,001, nilai X hitung = 11,279 Nilai OR = 6,417.
Kesimpulan : Ada pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Baki, Sukoharjo. Peluang terjadinya nyeri punggung pada ibu hamil yang tidak melakukan senam hamil 6,417 kali lebih besar dibanding dengan ibu hamil yang melakukan senam hamil.

Kata Kunci : Senam Hamil, Trimester III, Nyeri Punggung

×
Penulis Utama : Ulfah Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116084
Tahun : 2017
Judul : PENGARUH SENAM HAMIL TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAKI SUKOHARJO
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KEDOKTERAN - 2017
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KEDOKTERAN DIV BIDAN PENDIDIK -R1116084 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ika Sumiyarsi, S.SiT., M.Kes
2. Angesti Nugraheni, S.ST., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.