Penulis Utama : Shabrina Amajida
NIM / NIP : S891308035
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menemukan apakah penggunaan Three- Step Interview mampu meningkatkan kosakata siswa pada berbicara atau tidak. (2) menjelaskan partisipasi siswa setelah Three-Step Interview diimplementasikan di kelas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian  ini  diterapkan  pada  siswa  kelas  8  SMP  Negeri  1  Bumiayu.  Dari populasi, ada 36 siswa yang dijadikan sampel dengan menggunakan purpossive sampling pada siswa dengan nilai terendah diantara seluruh kelas 8. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode qualitative dan metode quantitative. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode qualitative bisa dibagi menjadi dua kategori: (1) observasional (observasi, catatan lapangan, rekaman audio dan video), (2) non-observasional (wawancara, dokumen, dan kuesioner). Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode quantitative didapatkan dari tes berbicara yang terdiri dari pre-test dan post-test. Kemudian dalam menganalisis data qualitative, penulis menggunakan data reduksi, display data, dan simpulan atau verifikasi. Kemudian, data quantitative dianalisa dengan membandingkan nilai mean siswa pada pre-tes dan post-tes dengan menggunakan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan  Three-Step Interview meningkatkan kosakata siswa dalam speaking. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya nilai mean yang dinilai oleh peneliti. Dari penilaian peneliti, nilai mean  pada pre-test  adalah  59.46  menjadi  67.04  pada siklus  I dan  meningkat menjadi 75.36 pada siklus II dan menjadi 78.86 pada siklus III. Ketertarikan, motivasi, antusias dan partisispasi siswa juga meningkat. Partisipasi siswa dalam kegiatan  ini  menjadi  lebih  aktif  dan  juga  menikmati  kegiatan  selama  proses belajar.
Ringkasnya, teknik Three-Step Interview bisa digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam berbicara dan membuat kelas menjadi lebih aktif dari biasanya. Akan tetapi, peneliti masih perlu untuk membimbing dan mengontrol mereka untuk menghindari kebisingan dan kurangnya fokus siswa dalam kegiatan. Kemudian, pembagian waktu harus diperpanjang sehingga kegiatan bisa diterapkan dengan lebih baik.

 

Kata kunci: penguasaan kosakata, berbicara, Three-Step Interview

 

×
Penulis Utama : Shabrina Amajida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891308035
Tahun : 2017
Judul : The Use Of Three-Step Interview To Improve Students Vocabulary Mastery In Speaking (A Classroom Action Research at the Eighth Grade of SMP Negeri 1 Bumiayu in the Academic Year of 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : Prog. Studi Magister UNS-Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-S891308035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. M. Samiati Tarjana, Dipl. TESOL
2. Dr. Abdul Asib, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Tidak ada surat pernyataan
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.