Penulis Utama : Amanda Yuliyanti
NIM / NIP : K6415004
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka calon DKG kelas VIII SMP N 4 Karanganyar; 2) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka calon DKG kelas VIII SMP N 4 Karanganyar; dan 3) Mengetahui dampak penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka calon DKG kelas VIII SMP N 4 Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Pengujian validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Kesimpulan hasil penelitian : 1) Pelaksanaan penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka di SMP N 4 Karanganyar dilakukan melalui penggabungkan praktek pionering dengan kegiatan lain serta melalui praktek lomba (detraction); 2) Pelaksanaan penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka didukung oleh semangat dan antusiasme siswa yang besar serta adanya dukungan dari para alumni. Hambatan yang ada dalam pelaksanaan penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka antara lain kurangnya peralatan yang berupa tongkat dan tali, kurangnya biaya untuk mendanai kegiatan, waktu pelaksanaan pionering yang terbatas, kurangnya jumlah pembina yang mumpuni, serta daya serap siswa; dan 3) Pelaksanaan penguatan karakter kreatif dan tanggung jawab melalui pionering pada kegiatan Pramuka memberikan dampak kepada siswa. Dampak tersebut dapat dilihat dari perbedaan sikap kreatif dan tanggung jawab mereka dengan siswa lain yang tidak mengikuti kegiatan serta perubahan sikap kreatif dan tanggung jawab dari sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan. Wujud peningkatan karakter kreatif dan tanggung jawab siswa dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa antara lain ketika diberi tugas siswa melaksanakan dengan bagus, ketika diberi perintah segera melaksanakan, rata-rata siswa yang ikut DKG  banyak kegiatan keluar, walaupun begitu jika siswa diberi tugas mereka menyelesaikannya tepat waktu. Untuk kreativitas siswa cukup bagus, siswa banyak memberi masukan kepada pembina.

Kata Kunci : karakter, kreatif, tanggung jawab, pionering, Pramuka

×
Penulis Utama : Amanda Yuliyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415004
Tahun : 2020
Judul : Penguatan Karakter Kreatif dan Tanggung Jawab melalui Pionering pada Kegiatan Pramuka (Studi pada Calon DKG Kelas VIII SMP N 4 Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan PPKN-K6415004-2020
Kata Kunci : karakter, kreatif, tanggung jawab, pionering, Pramuka
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rini Triastuti, S.H., M.Hum.
2. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.