Penulis Utama : Galang Mesya Fansy
NIM / NIP : K4312024
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perubahan argumentative skill siswa melalui penerapan desain pembelajaran berbasis levels of inquiry dan assessment for learning pada materi sel; (2) profil argumentative skill siswa pada materi sel; dan (3) perubahan keterlibatan siswa (student engagement) dalam proses berargumentasi pada materi sel.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA di salah satu sekolah negeri di Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Data didapatkan melalui observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik triangulasi digunakan untuk menjaga kevalidan data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantiatif. Target penelitian adalah meningkatnya student engagement dan argumentative skill siswa.  
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada perubahan argumentative skill siswa setelah diterapkan pendekatan levels of inquiry dan assessment for learning. Jumlah siswa yang tidak bisa membuat argumentasi terus mengalami penurunan. Kedua, ada perubahan profil argumentative skill siswa pada materi Sel. Siswa responden sudah cukup terampil dalam menyusun argumentasi. Ketiga, ada perubahan student engagement setelah diterapkan desain pembelajaran berbasis levels of inquiry. Peningkatan student engagement terjadi pada penerapan desain pembelajaran menggunakan model discovery learning.  
Kata kunci: argumentative skill, levels of Inquiry, assessment for learning, student engagement

×
Penulis Utama : Galang Mesya Fansy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312024
Tahun : 2017
Judul : Perubahan Argumentative Skill Siswa Melalui Desain Pembelajaran Berbasis Inquiry dan Assessment For Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri A Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4312024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P, M.Si.,Ed.D
2. Suwarno, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.