Penulis Utama : Muhammad John Abrahim
NIM / NIP : S571308003
×

Latar belakang: Hemodialisis merupakan terapi pengganti ginjal yang paling banyak dilakukan pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK). Hemodialisis merupakan pengobatan seumur hidup dan sering ditemukan dampak yang merugikan pada pasien, baik secara fisik, psikologis dan sosial .Cemas  merupakan masalah psikologis yang paling sering ditemukan pada pasien PGK yang menjalani hemodialisis. Karena gangguan psikologi  seperti cemas  mempengaruhi prognosis pengobatan, maka ada intervensi terapi pelengkap yaitu self-hypnosis. Self-hypnosis sebagai terapi pelengkap yang efektif karena mudah dilakukan, murah dan bisa dilakukan di rumah secara mandiri.
Tujuan: untuk mengetahui keefektifan self-hypnosis dalam penatalaksanaan cemas  pasien penyakit ginjal kronik yang dihemodialisis.
Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan randomized controlled trial pre and post test design. Cemas dievaluasi menggunakan HRSA. Subjek penelitian adalah pasien PGK yang dihemodialisis di Unit Hemodialisis Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta. Jumlah subjek 32 pasien, dibagi dua kelompok yaitu perlakuan dan kontrol
Hasil: Intervensi self-hypnosis secara statistik signifikan menurunkan tingkat skor kecemasan pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol     (p < 0>Kesimpulan; Self-hypnosis dapat dipertimbangkan dalam penatalaksanaan cemas  pasien PGK dengan perlakuan hemodialisis.
Kata kunci: Penyakit Ginjal Kronik, hemodialisis, cemas , self-hypnosis

×
Penulis Utama : Muhammad John Abrahim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571308003
Tahun : 2017
Judul : Keefektifan Self-Hypnosis untuk menurunkan tingkat kecemasan penderita penyakit ginjal kronis di RSUD dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Kedokteran Jiwa-S571308003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, dr., SpKJ(K)
2. Prof. Dr. M. Fanani, dr., SpKJ(K)
3. Wachid Putranto, dr.,SpPD, KGH, FINASIM
4. Debree Septiawan, dr., SpKJ, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.