Penulis Utama : Tegar Adhi Utomo
NIM / NIP : I1113085
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dan dampak atas keberlangsungan Masyarakat Ekonomi ASEAN bagi kemajuan Indonesia khususnya di bidang konstruksi, dan untuk menemukan strategi dalam peningkatan kinerja tenaga kerja proyek agar dapat bersaing dengan negara lain khususnya di bidang konstruksi dalam menghadapi keberlangsungan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuisioner guna mendapatkan data primer dan data sekunder dengan menggunakan 13 kontraktor sebagai responden. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan analisis SWOT mengenai faktor faktor lingkungan yang doniman. Formulasi strategi dirumuskan melalui matrik SWOT.

 Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, strategi yang dipilih lebih pada alternatif strategi Weakness-Opportunity (strategi WO), dimana strategi yang disusun memperbaiki kelemahan atau kekurangan pekerja dengan memanfaatkan peluang yang ada. Faktor internal yang merupakan kekuatan yang berpengaruh untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja konstruksi adalah Kepemimpinan, Fasilitas Keselamatan kerja, Kondisi kesehatan pekerja, Tingkat pendidikan pekerja, dan Disiplin kerja. Faktor internal yang merupakan kelemahan yang berpengaruh untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja konstruksi adalah Kualitas sumber daya manusia, Komunikasi, Pengendalian dan pembinaan pekerja, Keterampilan, dan Motivasi internal. Faktor eksternal yang merupakan peluang yang berpengaruh untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja konstruksi adalah pelatihan dan sertifikasi keahlian, Jaminan keselamatan, Peraturan undang-undang, Kebutuhan pasar dalam negeri, Lingkungan Kerja. Faktor eksternal yang merupakan ancaman yang berpengaruh untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja konstruksi adalah Kemampuan pekerja asing, Kondisi ekonomi, Tingkat pendapatan, Metode konstruksi, dan Motivasi eksternal. Strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja konstruksi adalah melalui peningkatan ketrampilan dan kualitas sumber daya pekerja melalui pelatihan/sertifikasi keahlian pekerja. Peningkatan kinerja pekerja konstruksi juga harus didukung dengan kepemimpinan yang baik, lingkungan kerja yang menjamin kesehatan dan keselamatan kerja serta metode konstruksi yang tepat.

Kata kunci: faktor internal, faktor eksternal, strategi, kontraktor, masyarakat ekonomi Asean

×
Penulis Utama : Tegar Adhi Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1113085
Tahun : 2017
Judul : Strategi peningkatan kinerja tenaga kerja proyek konstruksi dalam menghadapi persaingan di era masyarakat Ekonomi ASEAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Tekni Jur. Teknik Sipil-I1113085-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sugiyarto, M.T
2. Fajar Sri Hanayani, ST, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.