Penulis Utama : Tristan Alfian
NIM / NIP : S011502007
×

Pembuatan iklan rokok bertujuan untuk menyampaikan pesan dan wacana citra atau brand produk rokok. Bukan hal mudah untuk memunculkan ide kreatif dalam sebuah iklan rokok mengingat peraturan iklan rokok semakin ketat. Penelitian difokuskan pada Idiom estetika yaitu Pastiche, Parodi, Kitsch, Camp, dan Skizofrenia yang terkandung dalam iklan rokok menimbulkan   konsep-konsep estetik sebagai model pemuatan makna-makna pada pesan iklan yang disampaikan. Tujuan dari penggalian idiom-idiom dan bahasa estetik bukan untuk mencari terminal terakhir, tetapi membuka wawasan bagi penjelajahan idiom-idiom yang lebih luas.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kondisi objek iklan pada media iklan. Analisis yang digunakan adalah estetika post modern dan semiotika   Roland Barthes, karena iklan rokok merupakan wacana hiperealitas yang mereproduksi objek-objek tidak nyata. Penampakan objek-objek dalam iklan rokok berbaur dan melebur dengan fantasi, fiksi, dan   halusinasi. Idiom-idiom estetika dalam iklan rokok mengakibatkan keindahan konsep visual yang mempunyai implikasi kepada masyarakat sebagai konsumen.
Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia pada masyarakat menengah bawah lebih tertarik pada iklan rokok yang mengandung idiom parodi dibandingkan dengan idiom-idiom yang lain. Parodi merupakan fenomena sederhana yang diangkat dari kehidupan masyarakat, sehingga menghibur dan mudah dipahami. Sedangkan untuk masyarakat kelas menengah atas lebih tertarik pada iklan yang mengekploitasi objek laki-laki yang berwibawa, gagah, dan elegan.

Kata kunci: iklan, idiom estetika, hiperealitas, rokok

×
Penulis Utama : Tristan Alfian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S011502007
Tahun : 2018
Judul : Idiom estetika dalam hiperealitas iklan rokok
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Seni Rupa-S011502007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nooryan Bahari, M.Sn
2. Dr. Titis Sri Muda Pitana, M. Trop. Arch
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.