Penulis Utama : Maylingga Vainggita Muharrom
NIM / NIP : K4215037
×

Pembelajaran ketoprak di salah satu Sekolah Menengah Pertama menunjukkan  bahwa  selama  ini  naskah  ketoprak  yang  digunakan  oleh  guru sebagai materi ajar bahasa Jawa masih sangat terbatas. Selama ini pembelajaran ketoprak hanya menggunakan buku teks sebagai sumber materi ajar utama. Penggunaan   naskah   ketoprak   Penjalin   Pethuk   karya   Bondan   Nusantara diharapkan  dapat  dapat  digunakan  sebagai  alternatif materi  ajar ketoprak  dan alternatif materi ajar aplikatif mengenai kesantunan berbahasa Jawa bagi siswa yang selama ini masih kurang. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam naskah ketoprak Penjalin Pethuk karya Bondan Nusantara  juga  relevansinya  sebagai  materi  ajar  bahasa  Jawa  di  Sekolah Menengah Pertama.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  kualitatif  yang menggunakan metode analisis isi dokumen dengan menggunakan naskah ketoprak Penjalin Pethuk karya Bondan Nusantara dan informan sebagai sumber data Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling dan random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis isi dokumen dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup tiga aspek, yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian, bentuk prinsip kesantunan berbahasa yang sering ditemui dalam naskah ketoprak Penjalin Pethuk karya Bondan Nusantara adalah maksim kesederhanaan dan yang paling sedikit ditemui adalah maksim kesimpatian,  bentuk  pelanggaran  prinsip  kesantunan  berbahasa  yang  sering ditemui dalam naskah ketoprak Penjalin Pethuk karya Bondan Nusantara adalah pelanggaran maksim penghargaan dan yang paling sedikit ditemui adalah pelanggaran maksim kedermawanan, dan naskah ketoprak Penjalin Pethuk karya Bondan Nusantara relevan untuk dijadikan alternatif materi ajar dalam pembelajaran menulis dan menyajikan naskah sandiwara pada siswa kelas IX SMP.


Kata Kunci: analisis kesantunan, naskah ketoprak, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Maylingga Vainggita Muharrom
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215037
Tahun : 2019
Judul : Kesantunan berbahasa dalam naskah ketoprak Penjalin Pethuk karya Bondan Nusantara dan Relevansinya terhadap materi ajar bahasa Jawa di sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215037-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.,
2. Rahmat, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.