Penulis Utama : Hariyatunnisa Ahmad
NIM / NIP : K7113093
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Accelerated Learning, (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan Accelerated Learning, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan Accelerated Learning untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Bojongsari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan yang kegiatannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VB dan siswa kelas VB SD Negeri 1 Bojongsari yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, penerapan Accelerated Learning dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu: (1) Motivating your mind, (2) Acquiring the information, (3) Searching out of the meaning, (4) Triggering the memory, (5) Exhibition what you know, dan (6) Reflecting on how you’ve learned. Kedua, penerapan Accelerated Learning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Bojongsari yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I=78,23%, lalu pada siklus II=96,07% dan pada siklus III=100%. Ketiga, kendala utama dalam penerapan Accelerated Learning, yaitu (1) siswa merasa bosan saat kegiatan membaca teks bacaan, (2) siswa kurang aktif menanggapi presentasi kelompok dan (3) siswa kurang percaya diri dengan hasil tes yang diperolehnya. Solusi dari kendala-kendala tersebut adalah (1) siswa diberikan teks bacaan yang menarik dan diberikan penguatan saat membaca, (2) guru membimbing semua kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi, dan (3) guru memberikan penguatan pada siswa yang hasil tesnya masih rendah.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Accelerated Learning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Bojongsari Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Accelerated Learning, keterampilan membaca, membaca pemahaman

×
Penulis Utama : Hariyatunnisa Ahmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113093
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan accelerated learning pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Bojongsari tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7113093-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Moh. Salimi, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.