Penulis Utama : Melisa Pratiwi
NIM / NIP : H0815075
×

Salak merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dikembangkan di Kabupaten Sleman khususnya di Kecamatan Turi. Jenis salak yang banyak dibudidayakan adalah salak pondoh dan salak gading.  Budidaya salak di Kecamatan Turi tidak terlepas dari beberapa kendala karena terdapat sebuah  risiko  produksi,  harga  dan  pendapatan  di  dalamnya.  Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui biaya dan pendapatan yang diperoleh petani salak pondoh dan gading; mengetahui tingkat risiko produksi, harga dan pendapatan usahatani  salak  pondoh  dan  gading;  serta  mengetahui  upaya  penanggulangan risiko tersebut.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Penentuan lokasi secara pusposive sampling. Penelitian dilakukan pada Kecamatan Turi  yang meliputi empat desa, yaitu Desa Wonokerto, Desa Girikerto, Desa Bangunkerto dan Desa Donokerto. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode proportional random sampling dan didapatkan 60 responden yang terbagi 30 responden salak pondoh dan 30 responden salak gading. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis biaya dan pendapatan usahatani, analisis risiko produksi, analisis risiko harga, analisis risiko pendapatan serta upaya penanggulangan risiko.
Hasil analisis usahatani menunjukkan bahwa besarnya rata-rata biaya yang dikeluarkan  petani  salak  pondoh  yaitu  Rp.  27.986.400/Ha  dan  salak  gading sebesar Rp. 30.219.300/Ha. Rata-rata pendapatan yang diterima petani salak pondoh yaitu Rp. 18.434.800/Ha dan salak gading sebesar Rp. 37.313.600/Ha. Risiko produksi usahatani untuk luasan lahan 1 Ha salak pondoh adalah 0,04 dan salak gading sebesar 0,14. Risiko harga usahatani salak pondoh adalah 0,22 dan salak gading sebesar 0,1. Risiko pendapatan untuk luasan lahan 1 Ha usahatani salak pondoh adalah 0,82 dan salak gading sebesar 0,70. Usahatani salak pondoh lebih  berisiko  dibandingkan  salak  gading  pada  aspek  harga  dan  pendapatan. Upaya penanggulangan risiko masih terdapat tidak kesesuaian dengan anjuran dari penyuluh pertanian.

×
Penulis Utama : Melisa Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815075
Tahun : 2019
Judul : Analisis risiko produksi, harga dan pendapatan usahatani salak di kecamatan Turi kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian-Program Studi Agribisnis-H0815039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono, M.Si
2. R.R Aulia Qonita S.P., M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.