Penulis Utama : Mia Yuli Ani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415032
Tahun : 2019
Judul : Dinamika majalah kuntum di Yogyakarta tahun 1988-2007
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ilmu Budaya-Program Studi Sejarah-B0415032-2019
Subyek : MAJALAH KUANTUM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengangkat tema tentang pers pelajar di Yogyakarta yang bernama majalah Kuntum. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Latar belakang dibentuknya Majalah Kuntum (2) Dinamika Majalah Kuntum pada  tahun  1988-2007  (3)  Dinamika  Perubahan  Isi  Konten  Majalah  Kuntum Tahun 1988-2007.
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui,  (1)  Latar  belakang
dibentuknya Majalah Kuntum (2) Dinamika Majalah Kuntum pada tahun 1988 –
2007 (3) Dinamika Perubahan Isi Konten Majalah Kuntum Tahun 1988-2007.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahap, (1) Heuristik (pengumpulan sumber data) yang berupa arsip dokumentasi majalah Kuntum, edisi 1988 sampai edisi 2007, arsip majalah Kuntum, dan buku-buku referensi. (2) Kritik sumber, peneliti melakukan kritik ekstern dan intern (3) Interpretasi, peneliti menafsirkan fakta-fakta sejarah menjadi satu kesatuan (4) Historiografi, peneliti melakukan penulisan sejarah, dengan menyajikan semua fakta dalam bentuk tulisan sejarah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa majalah Kuntum terbit pertama kali  tahun  1976  oleh  Ikatan  Pelajar  Muhammadiyah  (IPM)  di  Yogyakarta. Kuntum sempat berhenti terbit setelah dua tahun, dan baru kembali muncul pada tahun 1982. Tahun 1988 merupakan awal baru perjalanan majalah Kuntum karena pada tahun tersebut Kuntum mendapatkan Surat Tanda Terdaftar yang menjadikannya termasuk kedalam Penerbitan Khusus. Kuntum dijadikan sebagai majalah yang diperuntukkan kedalam kalangan remaja dan pelajar yang memuat berbagai ajaran yang baik untuk membangun jati diri seorang remaja muslim. Melalui rubik-rubrik yang dimuat, ditujukan sebagai sarana untuk mengasah dan menampung bakat dari para remaja dan pelajar.
Kesimpulannya,  majalah  Kuntum  merupakan  majalah  Muhammadiyah yang diperuntukkan bagi kalangan remaja dan pelajar melalui IPM. Majalah ini, mempunyai rubrik yang berfungsi sebagai pembelajaran jati diri seorang remaja muslim dan mengasah kreativitas bagi remaja dan pelajar.

 

Kata Kunci : Majalah Kuntum, Majalah Pelajar dan Remaja, Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.,
2. Drs. Supariadi, M.Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya