Penulis Utama : Ryan Rohmansyah
NIM / NIP : S531508057
×

Latar  Belakang:  Respon  asam  laktat  sebagai  hasil  latihan  belakangan  ini  telah mendapat perhatian yang cukup besar dari para ahli fisiologi, khususnya dalam hal aspek olahraga. Tingkat asam laktat adalah salah satu parameter terukur yang paling umum untuk menentukan kinerja atlet. Pemberian suplemen yang mengandung kalium untuk atlet biasanya diberikan jus buah atau minuman olahraga untuk mencegah kelelahan otot. Penelitian ini menguji pengaruh jus pisang dan minuman olahraga terhadap asam laktat pada siswa bola voli
Tujuan:Mengetahui pengaruh pemberian jus buah pisang raja dan sport drink terhadap asam laktat pada test rast(running based anaerobic sprint test) atlet pelajar bola voli Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah the randomaized pretest-posttest control  group  design  atau  uji  coba  eksperimental  acak  menggunakan  pre-post  test dengan kelompok kontrol. Pada kedua kelompok diawali dengan pretest, dan setelah pemberian  perlakuan  diadakan  pengukuran  kembali  post  test.    Populasi  penelitian adalah semua siswa bola voli berusia 15-17 tahun di SMA Pundong. Subjek dibagi menjadi tiga kelompok yang sama, 10 subjek di setiap kelompok diperlakukan dengan jus pisang, minuman olahraga dan air mineral sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode double-blind. Rencana analisis data menggunakan analisi univariat dengan teknik analisis paired sample T-Test.
Hasil:  Dari  hasil  uji  paired  sample  t-test  menunjukkan  ada  pengaruh  rata-rata penurunan asam laktat pada pre-test dengan post-test kelompok jus pisang raja dan kelompok sport drink, diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000<0>0,05  yang berarti tidak adanya perbedaan yang signifikan.
Kesimpulan: Pengaruh pemberian jus pisang raja secara signifikan menurunkan kadar asam laktat pada pre-test dengan post-test kelompok pisang raja dan kelompok sport drink.Terdapat   perbedaan   yang   signifikan   antara  kelompok   pisang   raja   dengan kelompok air mineral sedangkan pada kelompok sport drink dengan kelompok air mineral tidak terdapat perbedaan.
Kata Kunci: Asam laktat, olah raga, kalium, kelelahan otot

 

×
Penulis Utama : Ryan Rohmansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531508057
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh pemberian jus buah pisang raja dan sport drink terhadap asam laktat pada test rast (running based anaerobic sprint test) atlet pelajar bola voli
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pasca Sarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Psaca Sarjana - S531508057 - 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Dowes, dr, AIFO, SU, MARS
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.