Penulis Utama : Prembayun Miji Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Penggunaan Bahasa Jawa dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (suatu tinjauan sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0199034-2003
Subyek : BAHASA JAWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif tentang penggunaan ragam bahasa Jawa. Permasalahan pokok dalam penelitian ini tentang ragam penggunaan, wujud campur kode (mixing code), alih kode (switching code) kata peminjaman (borrowing words), interferensi dan faktor yang melatarbelakangi penggunaan bahasa Jawa yang digunakan oleh mahasiswa di BEM UNS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan ragam bahasa Jawa, wujud campur kode (code mixing), alih kode (code switching), interferensi, kata-kata peminjaman (borrowing words), dan faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan ragam bahasa Jawa oleh mahasiswa yang menjadi pengurus BEM UNS. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan pendekatan sosiolinguistik.

Sumber data berupa data lisan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tuturan bahasa Jawa mahasiswa yang menjadi pengurus BEM UNS, baik dalam situasi formal maupun informal. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil meliputi interaksi verbal yang diperoleh dari para informan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik simak bebas libat cakap (SLBC), teknik libat cakap (SLC), teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode distribusional dan metode padan. Adapun metode penyajian hasil analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode informal dan formal.

Dari hasil analisis data dan pembahasan ditemukan bahwa tingkat tutur yang dipakai mahasiswa dalam BEM UNS adalah tingkat tutur ngoko, ragam bahasa yang digunakan adalah ragam bahasa informal yang berupa aferesis dengan penanda seperti kata menyang menjadi nyang ‘ke’, uwis menjadi wis ‘sudah’, ora menjadi ra ‘tidak’ dan sinkope dengan penanda kata nanging menjadi ning ‘tetapi’, dienggo menjadi dinggo ‘dipakai’. Campur kode yang ditemukan berupa campur kode yang berwujud kata, frasa, baster dan perulangan kata. Alih kode yang ditemukan adalah alih kode intern dan ekstern. Interferensi yang digunakan berwujud interferensi morfologis, kosa kata dan semantis. Kata-kata peminjaman yang ditemukan ada 2 yaitu ditinjau dari segi bentuk dan asal bahasa. Ditinjau dari segi bentuk ditemukan peminjaman asli, yang diadaptasikan, campuran dan terjemahan, sedangkan dari asal bahasa ditemukan peminjaman bahasa serumpun dan kultural. Faktor-faktor yang menentukan penggunaan bahasa Jawa mahasiswa yang menjadi pengurus BEM UNS adalah : 1) pribadi penutur, 2) mitra tutur, 3) warna emosi penutur, 4) maksud atau kehendak penutur, 5) kehadiran orang ketiga dan 6) suasana penuturan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. Maryono Dwiraharjo, SU
2. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa