Penulis Utama : Mohammad Sasikirono
NIM / NIP : H0811052
×

Urban farming merupakan solusi pertanian dilahan sempit. Namun pada kenyataannya urban farming belum banyak diketahui oleh masyarakat  umum. Website terbukti efektif sebagai media promosi. Penelitian ini berfokus apakah website urban farming efektif sebagai media penyebaran informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk enganalisis karakteristik pengakses website, dimensi-dimensi kualitas website, dan efektivitas website urban farming sebagai media penyebaran informasi dan menganalisis hubungan karakteristik pengakses website, dimensi-dimensi kualitas website dengan efektivitas website urban farming sebagai media penyebaran informasi. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Survei dilakukan dengan mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan  adalah  lebar  interval,  rank  spearman  dan  uji  t.  Metode  penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Jumlah responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah 40 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi-dimensi kualitas website memiliki kategori yang baik. Hasil analisis rank spearman, untuk variabel karakteristik pengakses website yaitu usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat penghasilan mempunyai hubungan yang signifikan dengan variabel partisipasi online. Hubungan korelasi antara usia dengan partisipasi online berbubungan dua arah dan hubungan korelasi antara tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat penghasilan memiliki hubungan satu arah dengan partisipasi online. Hasil analisis rank spearman untuk variabel dimensi-dimensi kualitas websit dengan variabel efektivitas mempunyai hubungan yang signifikan untuk beberapa variabel dependen. Semua hubungan korelasi antara variabel dimensi-dimensi kualitas website dan variabel efektivitas memiliki hubungan dua arah.
Efektiviatas website sebagai media penyebaran informasi dapat ditingkatkan dengan memperbaiki aspek-aspek yang terdapat pada dimensi- dimensi kualitas website seperti kegunaan, informasi dan interaksi. Idealnya suatu website memiliki banyak informasi sehingga semakin banyak informasi yang terdapat pada website maka semakin efektif sebagai media penyebaran informasi.

×
Penulis Utama : Mohammad Sasikirono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0811052
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas website sebagai media penyebaran informasi Urban Farming bagi pengguna internet (studi kasus pada www.Pertanian-Urban.web.id)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian-H0811052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. . Bekti Wahyu Utami S.P.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.