Penulis Utama : Cynthia Kusuma Dewi
NIM / NIP : F0113026
×

Peningkatan dan perubahan pola curah hujan yang diakibatkan oleh perubahan iklim berdampak pada sektor pertanian, khususnya tanaman tembakau yang rentan terhadap air sehingga akan berpengaruh terhadap hasil produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara perubahan unsur iklim yaitu curah hujan dengan produksi tembakau dan mengetahui tingkat kerentanan penghidupan petani tembakau dalam menghadapi perubahan pola curah hujan akibat perubahan iklim di Kabupaten Klaten.

Data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data  sekunder  dan primer. Data sekunder yang digunakan antara lain curah hujan dan produksi tembakau yang didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Klaten, dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klaten. Data primer dikumpulkan melalui wawancara kepada 120 petani sebagai responden di Desa Taskombang. Analisis data yang digunakan untuk data sekunder adalah dengan menghitung tingkat korelasi dengan menggunakan korelasi pearson sedangkan untuk data primer dengan menggunakan perhitungan indeks LVI dan LVI IPCC.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara curah hujan dengan produksi tembakau adalah negatif dengan nilai -0,662. Tingkat kerentanan penghidupan petani tembakau di Desa Taskombang Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten akibat perubahan iklim tergolong rentan berdasarkan skala LVI dengan nilai sebesar 0,364 dan LVI IPCC sebesar 0,044. Dalam penelitian ini, saran yang dapat diberikan untuk para petani sebaiknya mengubah masa tanam dan pola tanam sesuai dengan prediksi, serta untuk mengatasi kerentanan penghidupan petani tembakau terkait perubahan iklim sebaiknya petani mengganti jenis tanaman dan melakukan sistem tumpangsari agar pendapatan petani bertambah. Pemerintah Kabupaten Klaten diharapkan lebih aktif memberikan informasi tentang prediksi iklim dan memberikan bantuan modal kepada petani.

Kata kunci: Kerentanan, Livelihood Vulnerability Index (LVI), Perubahan iklim, Petani Tembakau

×
Penulis Utama : Cynthia Kusuma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113026
Tahun : 2017
Judul : Hubungan perubahan iklim dengan produksi tembakau dan tingkat kerentanan penghidupan petani di kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Jur. Ekonomi Pembangunan-F0113026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani, S.E.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.