Penulis Utama : Devina Estha Prasdiya
NIM / NIP : D1215017
×

Media sosial mendominasi penggunaan akses internet di Indonesia. Dengan media sosial, kita dapat berinteraksi dan menjalin relasi dengan sesama melalui dunia maya. Berdasarkan data dari We Are Social pada Januari 2017, Instagram berada di urutan ke tiga dalam penggunaan media sosial paling banyak di Indonesia. Instagram tidak hanya digunakan oleh perseorangan saja, namun Instagram juga digunakan dalam sebuah kelompok. Salah satu kelompok yang menggunakan Instagram adalah Orang Muda Katolik (OMK), yang menggunakan Instagram sebagai sarana untuk promosi kegiatan Asian Youth Day (AYD) 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram untuk promosi kegiatan AYD 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan teori komunikasi yaitu komunikasi termediasi komputer (CMC) karena OMK melakukan proses komunikasi yang dilakukan melalui internet dan melibatkan banyak khalayak untuk tujuan promosi kegiatan. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data primer yaitu berupa wawancara mendalam dan data sekunder berupa dokumentasi yang mendukung. Sampling penelitian ini menggunakan sampling purposive dimana jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari dua admin instagram OMK dan tiga anggota OMK dengan pertimbangan pemilihan sample yang dapat mewakili data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa followers yang merupakan anggota OMK mengapresiasi dengan positif promosi kegiatan Asian Youth Day (AYD) 2017 yaitu dengan memberikan tanda like dan juga komentar. Admin instagram OMK memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram dengan tujuan promosi antara lain; memberikan informasi yang berupa caption dalam setiap unggahan yang berhubungan dengan kegiatan AYD 2017 agar anggota OMK mengetahui bagaimana kegiatan AYD tersebut, mengubah sikap dan keyakinan atau perasaan dengan menggunakan pamflet kegiatan karena dengan pamflet keyakinan akan kegiatan AYD 2017 semakin kuat karena selain memuat info kegiatan dengan lengkap, pamflet merupakan ajakan secara resmi untuk acara AYD 2017 agar anggota OMK dapat tertarik untuk mengikutinya, dan menstimulus agar melakukan tindakan tertentu yaitu dengan mengikuti kegiatan AYD 2017 ini dengan memberikan foto yang menarik agar sebagai anggota OMK dapat berpartisipasi dalam kegiatan AYD 2017.

Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Orang Muda Katolik

×
Penulis Utama : Devina Estha Prasdiya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215017
Tahun : 2017
Judul : Pemanfaatan media sosial dalam kelompok Orang Muda Katolik (OMK) (studi kasus Instagram untuk promosi kegiatan asian youth day 2017 OMK Santo Petrus Purwosari Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1215017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.