Penulis Utama : Fx. Andhi Haris Respati
NIM / NIP : S501208009
×

Latar Belakang : Kematian akibat sepsis telah dilaporkan memiliki tingkat kematian yang sama dengan akibat infark miokard dan disfungsi miokard telah diteliti menjadi komplikasi tersering sepsis. Peningkatan enzim troponin jantung diamati pada 31-80% pasien  dengan  Systemic  Inflammatory  Response  Syndrome  (SIRS),  sepsis,  atau  syok septic. Parasetamol dan ketorolak adalah OAINS yang banyak digunakan pada pasien yang dirawatdengan SIRS atau sepsis di ICU sebagai analgetik. Kedua obat tersebut dapat mempengaruhi kadar troponin I sebagai biomarker yang mendasari disfungsi miokardial.

Tujuan : Mengetahui adanya perbedaan pengaruh pemberian paracetamol 20 mg/kgBB intravena dan ketorolak 0,5 mg/kgBB intravena terhadap kadar troponin I pada pasien SIRS atau potensial sepsis.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni dengan pendekatan uji klinis dengan rancangan penelitian the prtest dan the posttest group design. Terdapat 32 subyek penelitian pasien SIRS/ potensial Sepsis yang dirawat di Ruang Intensive Care Unit dengan umur antara 17 - 59 tahun. Distribusi sampel meliputi 16 subyek dengan pemberian  parasetamol  20  mg/kgBB  intravena  dan  16  subyek  dengan  pemberian ketorolac 0,5 mg/kgBB intravena. Setelah dilakukan randomisasi, dilakukan pemeriksaan kadar troponin I sebelum perlakuan dan pengambilan sampel 60 menit setelah perlakuan. Uji beda pada kelompok tidak berpasangan menggunakan uji Mann Whitney.

Hasil : Hasil uji beda terhadap karakteristik subyek penelitian didapatkan bahwa nilai p>0,05, hal ini menyatakan bahwa tidak ada pebedaan yang signifikan karakteristik dasar subyek penelitiaan. Analisa selanjutnya berdasarkan hasil uji beda Mann Whitney pada kelompok tidak berpasangan mendapatkan nilai p=0,474 (p>0,05), yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kadar troponin I antara kelompok parasetamol dan ketorolak sebelum perlakuan dan nilai p=0,011 (p<0>

Kesimpulan : Ada perbedaan pengaruh pemberian paracetamol intravena dan ketorolak terhadap kadar troponin I pasien SIRS atau potensial sepsis (p=0,018).
Pemberian paracetamol lebih baik dalam menurunkan kadar troponin I secara signifikan dibandingkan dengan ketorolak.

Kata kunci : kadar troponin I, parasetamol, ketorolak, sepsis,SIRS

×
Penulis Utama : Fx. Andhi Haris Respati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501208009
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan pengaruh pemberian paracetamol dan ketorolak terhadap kadar troponin i pada pasien SIRS / potensial sepsis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Kedokteran Keluarga-S501208009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr., PAK, MM, M.Kes
2. dr. MH. Sudjito, Sp.An, KNA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.