Penulis Utama : Tri Yuda Bekti Pamungkas
NIM / NIP : K7115180
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melaluui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada peserta didik kelas V SDN Pulisen Boyolali tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian in berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. PTK yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Pulisen Boyolali tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi dengan analisis data model analisis interaktif Miles-Huberman.
Hasil pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia peserta didik kelas V sebelum tindakan menunjukkan sebesar 0% secara klasikal. Siklus I menghasilkan indikator ketercapaian dengan persentase sebesar 57,14% secara klasikal. Penelitian dilanjutkan siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 85,71% secara klasikal. Tindakan yang telah dilaksanakan pada setiap siklus mengalami kenaikan persentase ketercapaian pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kata Kunci: Group Investigation, pemahaman konsep, perjuangan mempertahankan kemerdekaan.
 

 

×
Penulis Utama : Tri Yuda Bekti Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115180
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (Gi) (penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas V SD negeri Pulisen Boyolali tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115180-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Karsono, S. Sn., M. Sn.,
2. Fadhil Purnama Adi, S. H., M. H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.