Penulis Utama : Nena Puji Astuti
NIM / NIP : K8415044
×

Seiring dengan kepopuleran musik pop Korea (K-Pop) di masyarakat luas, menimbulkan adanya berbagai pandangan mengenai K-Pop itu sendiri. Terdapat pandangan-pandangan yang tersebar di masyarakat luas yang berlawanan dengan pandangan   dari   penggemar   K-Pop   sendiri.   Sehingga,   peneliti   melakukan penelitian  yang bertujuan  untuk  mengkaji  proses  konstruksi  sosial  mahasiswa penggemar K-Pop di FKIP UNS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara mendalam pada enam informan (Ambar, Elisa, Mazidatur, Refita, Rosy, dan Sayekti).
Hasil penelitian ini adalah mahasiswa penggemar K-Pop mengalami tiga tahap proses konstruksi sosial, yaitu eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi. Pertama, eksternalisasi ditunjukkan dengan adanya pandangan awal mahasiswa penggemar mengenai idol K-Pop. Kedua, obyektivasi ditunjukkan dengan pandangan-pandangan baru yang diperoleh penggemar melalui social media. Ketiga, penggemar menginternalisasikan pandangan yang sudah dieksternalisasi dan diobyektivasi dalam keseharian mereka, yaitu bekerja keras tetapi ekstem.
Kata Kunci: proses konstruksi sosial, penggemar K-Pop, K-Pop.

 

×
Penulis Utama : Nena Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8415044
Tahun : 2019
Judul : Proses konstruksi sosial mahasiswa penggemar K-POP (studi pada mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8415044-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sigit Pranawa, M.Si.
2. Siany Indria L., S.Ant.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.